Masjid

Masjid DARUL ULUM SMK Negeri 4 Kendal dibangun pada tahun 2004-2005 bersamaan dengan pembangunan gedung-gedung SMK Negeri 4 Kendal lainnya. Pada awalnya masjid tersebut berukuran 8 x 8 meter persegi dengan kapasitas yang masih sangat terbatas. Pada tahun 2010 masjid ditambah bangunan teras disebelah timurnya sehingga mampu menampung jamaah yang lebih banyak. Pengembangan terakhir adalah dengan menambah teras disebelah kanan dan kiri masjid (utara dan selatan) sehingga kapasitas masjid DARUL ULUM saat ini sekitar 300an jamaah pada kondisi normal.

Gedung Utama

Gedung Utama SMK Negeri 4 Kendal atau yang sering juga disebut dengan gedung administrasi adalah gedung yang berada paling depan dari keseluruhan bangunan SMK Negeri 4 Kendal. Gedung ini termasuk gedung yang paling awal dibangun yaitu pada tahun 2005 – 2005. Gedung ini terdiri dari 2 lantai dengan luas masing-masing lantai sekitar 300an meter persegi. Dalam gedung ini ada berbagai macam ruang penunjang yang dimiliki oleh SMK Negeri 4 Kendal, diantaranya : Ruang Kepala Sekolah, Ruang Wakil Kepala Sekolah, Ruang Guru, Ruang BP/BK, Ruang Administrasi (Tata Usaha), Ruang UKS, Ruang STP2K, Ruang Rapat, Ruang Koperasi Siswa, Gudang Olahraga, Gudang Persedian Bahan Habis Pakai, Ruang BKK dan PKL, Ruang LSP-P1 SMK Negeri 4 Kendal, Kamar Mandi Guru dan Loby.

Lapangan SMK Negeri 4 Kendal

Lapangan SMK Negeri 4 Kendal yang terletak di dedan Gedung Utama juga berfungsi sebagai lapangan upacara dan lapangan olahraga. Lapangan ini berupa tanah berumput yang memiliki luas sekitar 3000an meter persegi. Berbagai kegiatan SMK Negeri 4 Kendal yang berupa kegiatan luar ruangan sering dilaksanakan dilapangan ini. Kapasitas lapangan ini sangat besar, pada saat upacara bendira bisa menampung sel;uruh peserta didik, guru dan karyawan SMK Negeri 4 Kendal yang jumlahnya lebih dari 1500 orang.

POS Satpam

Sebagai tempat jaga untuk satpam SMK Negri 4 Kendal, lokasinya berada disebelah pintu masuk sebelah timur. bangunan ini didirikan pada tahun 2009 – 2010.

Gedung Bisnis Center

Sebagai tempat untuk memajang (memamerkan) dan memasarkan produk-produk dari Jurusan yang ada di SMK Negeri 4 Kendal baik barang maupun jasa. Gedung BC ini dibangun pada tahun 2012 dengan memiliki 2 lantai yang masing-masing lantai luasnya 32 meter persegi. Lokasinya ada disebelah POS Satpam didekat pintu masuk sebelah timur.

Ruang Kelas Gedung A

Sebagai tempat pembelajaran teori, sering juga disebut dengan Ruang Pembelajaran Umum (RPU). Dilokasi Gedung A ini ada 2 gedung, 1 gedung berlantai 2 dan 1 gedung berlantai 1, yang terdiri darin 8 ruang kelas.

Ruang Kelas Gedung B

Sebagai tempat pembelajaran teori, sering juga disebut dengan Ruang Pembelajaran Umum (RPU). Dilokasi Gedung B ini ada 2 gedung, 1 gedung berlantai 2 dan 1 gedung berlantai 1, yang terdiri darin 6 ruang kelas.

Ruang Kelas Gedung C

Sebagai tempat pembelajaran teori, sering juga disebut dengan Ruang Pembelajaran Umum (RPU). Dilokasi Gedung C ini ada 2 gedung, 1 gedung berlantai 2 dan 1 gedung berlantai 1, yang terdiri darin 9 ruang kelas.

Ruang Kelas Gedung D

Sebagai tempat pembelajaran teori, sering juga disebut dengan Ruang Pembelajaran Umum (RPU). Dilokasi Gedung D ini ada 3 gedung, 1 gedung berlantai 2 dan 2 gedung berlantai 1, yang terdiri darin 9 ruang kelas. Lokasi Gedung pertama berada di sebelah utara gedung C (dekat lapangan olahraga terpadu) dan 2 gedung berada di utara lapangan olahraga terpadu.

Lapangan Olahraga Terpadu

Lapangan olahraga terpadu ini dibangun pada tahun 2012 (lapangan futsal yang dapat berfungsi juga sebagai lapangan bola basket dan tenis), 2020 (1 buah lapangan bola volly) dan ntahun 2021 (1 buah lapangan volly). Selain sebagain tempat kegiatan keolahragaan lapangan ini juga dapat dipakai sebgai lapangan upacara, lapangan apel dan kegiatan luar ruangan lainnya.

Perpustakaan Sekolah

SMK Negeri 4 Kendal juga dilengkapi dengan ruang perpustakaan sebagai tempat untuk pengelolaan buku-buku yang ada di sekolah. Koleksi bukunya sudah cukup banyak terutama buku-buku pegangan siswa/ buku pelajaran.

Ruang OSIS dan Pramuka

Ruang Kegiatan dan sekretariat OSIS dan Pramuka

Ruang Gugus Tugas Covid

Sebagai ruang sekretariat satuan gugus tugas covid SMK Negeri 4 Kendal.

Auditorium/ Aula SMK Negeri 4 Kendal

Sebagai ruang serbaguna yang berfungsi ganda, sebagai ruang rapat, ruang kegiatan seni, dan lain-lain. Untuk keprluan rapat bisa menampung kurang lebih 300an peserta rapat.

Jalan Utama, Tempat Parkir dan Kantin

Jalan utama SMK Negeri 4 Kendal sudah dikeraskan dengan paving blok, juga jalan-jalan penghubung antar gedung. Juga disediakan tempat parkir bagi semua warga sekolah baik yang sudah beratap maupun yang masih terbuka dengan lantai yang sudah dipaving blok. Ada kantin-kantin sekolah yang dikelola oleh pihak ke 2 yang bekerjasama dengan SMK Negeri 4 Kendal.

Penyediaan Air Bersih

SMK Negeri 4 Kendal sangat memperhatikan penyediaan air bersih untuk keperluan seluruh warga sekolah, keseluruhan ada 5 sumur bor (air dalam) dengan 4 tower air. Jaringan air sudah mencapai keseluruhan area/ wilayah SMK Negeri 4 Kendal mulai dari gerbang masuk sampai dengan area gedung bD (paling utara) juga dilantai 2 semua bangunan.