Oleh : Ika Setyowti, S.Pd

Di era globalisasi sangat dibutuhkan kemampuan berbahasa Inggris yang baik untuk membantu kita berkomunikasi. Kemampuan berbahasa Inggris yang baik memudahkan kita  dalam berinteraksi dengan orang baru dari berbagai Negara. Secara tidak langsung, kemmapuan tersebut juga dapat meningkatkan rasa percaya diri. Walaupun sudah banyak yang menyadari tentang banyaknya manfaat menguasai bahasa Inggris, Namun masih saja banyak orang yang enggan untuk mempelajari bahasa Inggris .Sebagian besar masyarakat beranggapan bahwa Bahasa inggris sulit untuk dikuasai. Sejatinya belajar Bahasa inggris tidak terlalu susah jika kita mau benar-benar konsisten belajar dan secara rutin berlatih sedikit demi sedikit. Banyaknya tantangan sering kali membuat nyali belajar kita menjadi ciut tak terkendali. Tenses, grammar, dan vocab adalah sekelumit perangkat yang mau nggak mau perlu kita pami ketika mempelajari bahasa Inggris. Karena sudah terlanjur dianggap susah, ketiga hal itu kadang membuat kita menjadi malas buat belajar Bahasa Inggris.

Sebenarnya, bukan Bahasa Inggrisnya yang sulit, tapi cara belajar kita yang membosankan. Supaya belajar kita lebih menyenangkan, kita harus menemukan cara yang lebih jitu untuk mencapainya. Banyak sekali metode belajar bahasa inggris yang bisa kita terapkan sehingga kita tidak merasa bosan mempelajarinya, salah satunya adalah dengan DEMO, DEngerin music dan nonton MOvie atau film. Namun yang didengar dan ditonton harus music dan film berbahasa inggris tentunya.

 Di dalam music terdapat lirik lagu yang seringkali merupakan representative dari perasaan yang umum dialami oleh sebagian besar masyarakat. Rasa penasaran kita terhadap makna dari lagu yang didengar mampu mendorong diri kita untuk mencari tahu maknanya. Sehingga secara tidak langsung perbendaharaan kosa kata kita meningkat seiring dengan usaha untuk menemukan makna lirik lagu yang kita dengar.

Pada film, selain kekayaan frase dan kasa kata, kita juga bias membiasakan diri untuk menggunakan Bahas Inggris sesuai konteks pembicaraan. Aksen dan pronounciation yang diucapkan pemainnya dapat membuat telinga kita menjadi lebih peka. Secara tidak langsung kemampuan listening kita meningkat. Percakapan dalam Movie atau film juga dapat melatih kemampuan kita dalam berbicara atau speaking. Melalui percakapan dalam Movie atau film, kita bisa belajar bagaimana cara mengucapkan atau melafalkan kata Bahasa Inggris dengan benar,

Film yang menarik akan membuat kita betah mengikuti alurnya.  Menonton film yang bertema keseharian dapat membantu memperlancar speaking sesuai konteks sehari-hari. Mulailah dari film kartun yang ceritanya dekat dengan kehidupan kita sehari-hari, karena dialognya menjadi lebih mudah untuk kita pahami. Karena kalimat yang digunakan dalam film kartun masih terbilang sederhana dan ditujukan untuk anak-anak sehingga sangat cocok buat kita belajar Bahasa Inggris sebagai pemula.

Gunakan subtitle Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia untuk mempelajarinya. Teks percakapan yang ditampilkan dapat memudahkan kita untuk mengetahui secara pasti kata yang sedang diucapkan dalam dialog. Cara seperti ini juga berguna untuk membiasakan telinga kita mengenali bagaimana suatu kata atau frase yang diucapkan. Menonton film berulang-ulang salah satu film favorit kita sehingga kita hafal semua dialognya. Setelah kita hafal dengan semua dialognya, kita bisa menghilangkan subtitle saat menonton film.Tirukan sang actor mengucapkan dialog. Jika kita mendapatkan kata atau kalimat yang menarik, jangan segan untuk menekan tombol pause dan menirukannya sampai terdengar sama. Siapkan notes kecil untuk mencatat kata-kata sulit yang belum pernah kita temui sebelumnya dari Lirik Lagu ataupun dialog Film. Kita bisa membawanya kemana pun kita pergi sehingga kita bisa menghafalkannya, secara otomatis perbendaharaan kita akan bertambah.

Mencatat dan mengingat punch line saat menonton film atau pun mendengarkan music  juga bisa membantu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris kita. Kita juga bisa menggunakan punch line tersebut untuk dijadikan update status yang keren di media sosial.

Masih bingung bagaimana cara belajar Bahasa Inggris? Yuk… DEMO in aja !

Leave a Comment